menu

Selasa, 09 November 2010

“HIKMAH DI BALIK MUSIBAH BENCANA DI NEGERI INDONESIA ”


          Negara Indonesia akhir-akhir ini kita ketahui  sering sekali terkena musibah bencana alam. Kita juga bisa ketahui di media massa baik media cetak ataupun elektronik, bahwa Indonesia adalah Negara yang rawan sekali dengan bencana alam. Karena terletak diantara 3 lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng pasifik. Dan Indonesia juga masih memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif.
          Akan tetapi dari sederet bencana yang dialami Indonesia memiliki dampak atau akibat yang terjadi baik baik negatif atupun positif yang dialami oleh bangsa ini. Karena sesungguhnya musibah Yang di turunkan allah swt kepada umatnya memiliki hikmah atau makna yang tersirat untuk umatnya yang selalu mau berpikir dan berzikir mengingat yang maha kuasa.
          Setiap musibah seperti bencana alam selalu mempunyai dampak yang ditimbulkan. Dampak negatif  yang dialami seperti terjadinya korban jiwa baik korban yang luka-luka atau bahkan korban yang meninggal dunia, infratrukstur rusak,kegiatan perekonomian lumpuh atau tidak berjalan, dan tentu akan mempengaruhi keadaan psikologi seseorang atau korban yang mengalami musibah tersebut.
          Dari semua dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari akibat bencana alam,tetapi sesungguhnya kita yakin ada makna atau hikmah yang tersirat dari bencana-bencana yang menimpa bangsa ini. Seperti rasa sosial setiap manusia atau rasa kepedulian masyarakat menjadi meningkat,menjadi lebih peduli terhadap sesama manusia. Memang sudah lama kita tidak melihat masyarakat yang berjiwa sosial di era globalisasi dan modernisasi. Kecuali ketika bangsa ini mengalami musibah, masyarakat Indonesia menggunakan jiwa sosialnya. Mengamalkan jiwa dan raga, mengamalkan sebagian harta yang dimiliki, mengamalkan tenaga dan pikirannya, terhadap orang lain yang belum tentu kita kenal secara sukarela dan iklhas.
          Dengan diberinya suatu cobaan berupa musibah bencana terhadap bangsa ini. Itu berarti allah swt tuhan yang maha kuasa masih sayang terhadap umatnya khususnya bangsa ini,masih mau memberikan peringatan kepada kita untuk kita pelajari. Dengan musibah yang menimpa bangsa kita ini dapat memberikan pelajaran bagi masyarakat akan adanya kematian dan akhirat, sehingga masyarakat bisa memperbaiki tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Dimana hidup dengan hatinurani, berjiwa jujur dalam setiap hal, masyarakat juga harus hidup ramah lingkungan menjaga lingkungan alam di sekitarnya. Dan tentu masyarakat dalam kehidupan harus kembali ke jalan yang lurus yang sesuai ajaran agama, norma-norma,undang- undang dasar,dan pancasila.                   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar