menu

Minggu, 21 November 2010

" TIPS MENUNTUT ILMU YANG SUKSES "


Menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan sehari-hari bagi setiap manusia. Tanpa ilmu yang kita miliki di dunia ini maka kita tidak akan bertahan lama dalam kehidupan. Ilmu merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh setiap manusia tanpa kecuali. Maka dari itu betapa pentingnya manusia harus berkewajiban menuntut ilmu. Banyak hal atau konsep dalam menuntut ilmu yang sukses yang harus diperhatikan oleh seseorang.
 Kriteria yang harus dilakukan seseorang idalam menuntut ilmu yang sukses   :
1.       Dilandasi dengan keyakinan yang kuat dan mendalam bahwa kita dapat memperoleh dan mengimplementasikan dalam kehidupan.
2.       Iklhas dalam menuntut ilmu apapun yang terjadi, yang  dihadapi dan diperoleh oleh kita.
3.       Mempunyai semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu tidah mudah putus asa walaupun mengalami kegagalan berulang kali, dan tidak mudah mengeluh apaun halangan yang terjadi dalam menuntut ilmu
4.       Menjaga continuetas atau konsekuen dalam hal menuntut ilmu.
5.       Membutuhkan pengorbanan berupa waktu, harta, pikiran, energy, dll.
6.       Adanya suatu hubungan komunikasi yang baik antara pembimbing dengan yang dibimbing.
7.       Menganggap atau mendoktrin dalam diri kita bahwa menuntut ilmu itu suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan

Karena dalam menuntut ilmu kita jangan menuntut secara asal dalam menuntut ilmu Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam dan dicermati dalam menuntut ilmu. Selain kriteria yang diatas tadi ada juga hal yang harus diperhatikan yaitu syarat dalam menuntut ilmu  yaitu  kecerdasan seorang dalam berpikir dan menggunakan kemampuan otak sesuai tugasnya, semangat sesorang untuk menuntut ilmu, bersungguh- sungguh dalam menunutu ilimu dengan keadaan yag terjadi, lamanya waktu yang digunakan dalam menuntut ilmu,adanya pebimbing atau guru dalam menuntut ilmu, membutuhkan modal baik materi atau nonmateri dalam menunutu ilmu.  

1 komentar: