menu

Rabu, 17 November 2010

TIPS MENGHADAPI UJIAN



Ujian adalah suatu istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Ujian merupakan sesuatu yang akan dihadapi setiap orang yang mengalami kehidupan. Jadi dalam hidup setiap orang pasti akan mengalami dan harus melewati ujian. Karena manusia yang bisa melewati dan berhasil dalam ujian berarti kita sukses dalam kehidupan. Dan ujian itu tersebut merupakan ketetapan sang maha pencipta (ALLAH SWT). Hidup tanpa adanya ujian yang dihadapi bagaikan sayur tanpa garam artinya hidup kita itu tidak berarti atau biasa-biasa saja.
Banyak macam-macam ujian yang dihadapi oleh setiap orang dalam segala hal dan dimensi. Tentu ujian yang dihadapi tidak setiap orang sama, tergantung pada bidangnya dan posisinya yang dihadapi. Misalnya bagi seorang pelajar ujian yang dihadapi adalah ulangan atau UAN. Dalam keluarga ujian yang dihadapi adalah keharmonisan rumah tangga. Sedangkan bagi pekerja ujian yang dihadapi adalah bagaimana bisa naik pangkat atau kedudukan. Dan masih banyak lagi ujian yang dihadapi setiap manusia yang tidak bisa disebutkan satu per satu.
Semakin banyak ujian semakin banyak hikmah atau manfaat yang kita peroleh. Sebagai contoh seorang pelajar dari TK ke SD harus melewati ujian, dari SD ke SMP juga harus melewati ujian, dari SMP ke SMA juga harus melewati suatu ujian dahulu , dan sampai jenjang yang seterusnya. Yang  semuanya biasanya berupa test soal-soal teori. Atau contoh bagi seorang pekerja seorang pekerja dari mulai office boy menjadi staff pasti ada ujian yang dihadapi kemudian dari staff menjadi manager pasti harus melewati ujian terlebih dahulu, dan seterusnya sampai kedudukan tertentu. Dari semua contoh yang disebutkan itu berarti dengan ujian kita bisa mengalami keberhasilan, bertambah wawasan, menaikan status, menaikan derajat, menaikan kedudukan, dll.
Adapun tips untuk menghadapi ujian yang bisa di coba bagi pembaca  :
Hadapi ujian dengan  HHN (H2N)
1.    H yang pertama adalah Hadapi
Hadapi ujian dengan sikap kita terhadap ujian tersebut. Persiapkan bekal-bekal,pengalaman, dan pengetahuan  yang kita miliki., yang berguna membantu kita menyelesaikan ujian yang akan kita hadapi. Ibarat berperang kita sebelum berperang kita harus mempersiapkan pelurunya dahulu agar bisa memenangi perperangan..

2.    H yang ke dua adalah hayati
Hayati/ rasakan dengan seksama dan ambil hikmah dan hidayah yang akan dihasilkan dalam setiap ujian. Yang tentu pasti berguna bagi kita di kemudian hari.

3.    Dan yang terakhir adalah N yang berarti nikmati
Nikmati dari setiap ujian dengan rasa ikhlas dan rasakan kebrhasilan yang akan diperoleh dari ujian yang kita hadapi.

          Dan tentu dari ketiga tips tersebut harus disempurnakan dengan doa kita kepada sang pencipta ALLAH SWT. Karena doa itu ibarat jalan tol atau jalan cepat nya dari jalan yang biasa dilewati. Dengan kita berdoa secara continue kepada ALLAH maka semakin cepat kita bisa memperoleh keberhasilan dalam ujiam yang sedang kita hadapi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar