menu

Sabtu, 30 April 2011

BERANI BERBUAT BERANI BERTANGGUNG JAWAB




Judul diatas merupakan suatu istalah yang memiliki arti yang sangat penting. Berani berbuat berani bertanggung jawab dapat diartikan bahwa seseorang dalam melakukan suati tindakan atau perbuat berarti seseorang itu juga berani bertanggung jawab atas perbuatan yang telah diperbuat. Karena ada sebab ada akibat atau ada perbuatan ada juga tanggung jawabnya. Semua perbuatan pasti selalu ada konsekuensinya yang harus dipertanggung jawabkannya. Perbuatan juga ada yang baik dan juga ada yang tidak baik, begitu pula dengan tanggung jawabnya. Akan tetapi manusia yang hebat itulah yang berani bertanggung jawab atas segala perbuatannya dalam arti yang lain adalah manusia yang tidak pernah lari dari kenyataan dan tanggung jawab walaupun sepahit apapun kenyataannya.
            Karena itu setiap manusia juga harus wajib memiliki sifat atau rasa tanggung jawab atas segala perbuatannya. Berpikirlah sebelum bertindak, berpikir konsekuensinya yang harus dihadapi atas perbuatannya. Berbuatlah atau betindaklah perbuatan yang baik-baik yang tidak melanggar norma dan hukum, karena konsekuensinya juga akan memperoleh kebaikan juga, dan sebaliknya perbuatan yang tidak baik maka konsekuensinya juga tidak baik tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jadilah manusia yang bertanggung jawab atas segala perbuatannya yang telah dilakukan, karena setiap kehidupan pasti aka nada perbuatan yang dilakukan dan setiap perbuatan pasti akan dimintai pertanggung jawabannya kelak nanti baik di dunia ataupun di akhirat.
            Dengan menjadi manusia yang bertanggung jawab kehidupan dalam bermasyarakat akan selalu rukun dan nyaman tidak ada konflik-konflik besar yang terjadi, sedangkan kehidupan pribadi juga terasa lebih tenang dan nyaman karena hidup dengan penuh rasa tanggung jawab tidak ada perasaan salah dan ketakutan dalam kehidupan karena setiap perbuatan berani dipertanggung jawabkan baik di dunia dan di akhirat. Dengan menjadi manusia yang bertanggung jawab juga akan berdampak tidak adanya suatu sifat atau kejadian-kejadian fitnah atau menuduh orang lain,karena tidak perlu menuduh atau mencurigai seseorang andai saja setiap manusia memiliki rasa tanggung jawab. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar