menu

Selasa, 12 Oktober 2010

“ DAMPAK SOSIAL DARI MODERNISASI”

“ DAMPAK SOSIAL DARI MODERNISASI”

Modernisasi atau lebih kita kenal dengan kata modern merupakan bagian terpenting dalam perubahan social masyarakat Indonesia sekarang ini. Kata modernisasi sendiri bisa diartikan sebagai pemahaman untuk maju atau bisa dikatakan suatu proses menuju masa kini, masa menuju masyarakat modern,yang di dalamnya terdapat aspek-aspek tertentu yaitu seperti Ilmu pengetahuan,teknologi,budaya, ekonomi,ataupun politik.

Dampak social yang di akibatkan dari modernisasipun beragam ada positifnya dan juga ada negatifnya. Tentu suatu modernisasi dapat dilakukan di masyarakat Indonesia apabila masyarakat memiliki empat  kriteria seperti cara berpikir masyarakat yang ilmiah lebih mengedepankan ilmu pengetahuan, yang kedua perkembangan media dan teknologi Informasi sehingga masyarakat Indonesia dapat mengetahui segala informasi terbaru secara lebih rinci dan lengkap, ketiga kebijakan pemerintah yang melegalkan atau membolehkan suatu pembaharuan bagi rakyatnya tentu yang berguna bagi rakyat dan Negara, dan yang terakhir kemauan atau niat dari masyarakat itu sendiri apakah mau menerima perubahan atau modernisasi dari luar.

Selain dari kriteria diatas terdapat juga dampak yang dihasilkan dari modernisasi. Adapun aspek-aspek yang mengalami gejala-gejala modernisasi seperti  :

1.    Bidang ilmu pengatahuan dan teknologi, Kita bisa ketahui semakin banyak masyarakat Indonesia yang pintar dan teknologi yang melengkapi kebutuhan masyarakat semakin canggih dan mudah di dapat.
2.    Bidang budaya : kita bisa lihat semakin lunturnya  atau terdesaknya budaya tradisional dan berkembangnya budaya barat atau luar di dalam masyarakat Indonesia. Contohnya , Budaya gotong royong sudah semakian langka kita temui di dalam masyarakat. Masyarakat sekarang ini lebih individualistis atau  mementingkan diri sendiri. Dan tentu  yang lebih memprihatinkan lunturnya eksistensi jati diri bangsa.
3.    Budaya politik, kita bisa ketahui semakin sedikit atau bahkan sudah tidak adanya Negara yang dijajah oleh Negara lain dan semakin tegaknya Ham di Negara Indonesia.
4.    Bidang ekonomi, kita bisa lihat dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia akan barang-barang dan jasa itu berarti semakin beragam barang –barang yang melengkapi kebutuhan masyarakat. Dan tentu ada dampak negatifnya yaitu kesenjangan ekonomi antara yang kaya dan yang miskin.
5.    Bidang social, kita bisa ketahui dengan banyak masyarakat yang berkelompok dengan membentuk organisasi,LSM,Paguyuban, dll.itu berarti masyarakat lebih mengutamakan musyawarah dalam memecahkan masalah yang dihadapi.dan semakin pintar masyarakat Indonesia terhadap hukum. Tetapi dampak negatifnya adalah terjadinya penigkatan urbanisasi, dan banyak terjadi kriminalitas.

Karena sebab itu kita harus pandai –pandai dalam menghadapi dampak modernisasi dalam hal menyaring (filter) dalam hal mana yang baik dan yang buruk. Agar tidak merugikan masyarakat, bangsa dan Negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar