menu

Sabtu, 26 November 2011

" KRITERIA SEORANG PEMIMPIN DALAM ISLAM "



Pemimpin adalah merupakan bagian terpenting dari suatu kestrukturan baik itu organisasi, lembaga, terutama pada pemerintahan. Suatu negara akan menjadi berkembang dan maju terkantung pada bagaimana pemimpinnya memimpin. Pengertian pemimpin itu sendiri adalah tingkatan tertinggi dari suatu kestrukturan yang mempunyai hak mengatur, mengendalikan, mengorganirkan tempat yang dipimpinnya.
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu memprioritaskan kepentingan umum atau umatnya daripada kepentingan pribadi. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu bertanggung jawab atas segala kepemimpinannya selama memimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu memberikan contoh kepada yang dipimpin.
Bagi umat islam banyak pemimpin yang selalu di jadikan contoh atau panutkan adalah nabi Muhammad SAW. Bahkan nabi muhammad bersabda yang diriwayatkan dalam hadist H.R. muslim dan Ibnu umar R.A. yaitu “ setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan dipertanggung jawabkan atas apa yang telah pimpin. Maka, seorang penguasa yang memimpin manusia akan di pertanggung jawabkan atas rakyat yang dipimpin ”.
Dalam islam kriteria pemimpin ada empat yaitu adalah :
  1. 1.       Tabligh
  2. 2.       Shiddiq
  3. 3.     Amanah
  4. 4.      Fathonah

Itu semua merupakan kriteria atau sifat yang di contohkan nabi muhammad SAW.
Tabligh artinya menyampaikan, seorang pemimpin harus pandai dalam menyampaikan atau lebih utamanya kedalam komunikasi antara pemimpin dan rakyatnya.
Shiddiq artinya benar atau jujur, seorang pemimpin mutlak harus memiliki sifat benar dan jujur jangan seorang pemimpin berbohong kepada rakyatnya.
Amanah artinya dapat di percaya, seorang pemimpin haruslah dapat dipercaya jangan sampai seorang pemimpin memiliki sifat berkhianat pada rakyatnya.
Fathonah artinya pandai, cerdik, dan bijaksana, seorang pemimpin harus pandai dalam melakukan kebijakan dan memanage rakyatnya dan tentu seorang pemimpin harus memiliki sifat bijaksana dalam membuat keputusan yang terbaik bagi rakyatnya.    
Apabila kriteria tersebut terpenuhi atau dimiliki oleh seorang pemimpin sudah tentu suatu bangsa yang di pimpinnya akan mengalami perkembangan atau kemajuan yang akan bermanfaat bagi rakyat di negara tersebut.   

1 komentar: