menu

Sabtu, 17 Desember 2011

" TANGGUNG JAWAB SEORANG PEMIMPIN"

  
Tanggung jawab adalah seperti sebuah tugas yang mesti atau seharusnya di selesaikan dan berani memikul hasil yang diperoleh dari tugas itu apapun hasilnya entah itu baik dan buruknya hasil itu. Tanggung jawab itu bukanlah beban ataupun musibah, karena tanggung jawab itu akan selalu ada bagi setiap orang dan mesti kita kerjakan, ikhtiarkan, berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan beban atau musibah lebih seperti bagaikan seseorang yang ketiban sial atau kurang beruntung yang seolah-olah merupakan kehendak kuasa sehingga kita tidak dapat melakukan ikhtiar untuk berbuat dan hanya bisa pasrah menerimanya.

Sedangkan bagi seorang pemimpin tanggung jawab merupakan hal yang mutlak harus dimiliki. Karena setiap kebijakan yang dibuat oleh seorang pemimpin kepada yang dipimpinnya harus di pertanggung jawabkan. Jangan sampai kebijakan yang dibuat ternyata tidak tepat bagi yang dipimpin sehingga kemudian seorang pemimpin tersebut  melempar tanggung jawabnya. Karena sikap melempar tanggung jawab tidaklah bagi seorang pemimpin.karena Kebiasaan melemparkan kesalahan dan tanggungjawab kepada orang lain, selain akan menambah masalah, juga akan menjatuhkan kredibilitas, dan menghilangkan kepercayaan seorang pemimpin.    

Dengan seorang pemimpin yang memiliki sifat bertanggung jawab maka tentu akan membuat kebijakan yang akan di buat oleh seorang pemimpin dengan tepat dan bermanfaat bagi kepentingan bersama yaitu kepentingan masyarakat yang dipimpinnya. Dengan memiliki tanggung jawab pula seorang pemimpin memiliki suatu tugas yang fokus artinya tugas seorang pemimpin tersebut tidak abstrak sehingga seorang pemimpin mengetahui apa yang harus dikerjakan sebagai seorang pemimpin. Dan pada akhirnya kita akan memperoleh ke berhasilan, kesuksessan baik bagi seorang pemimpin itu sendiri ataupun kepada masyarakat yang dipimpinnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar