menu

Sabtu, 01 Oktober 2011

PENTINGNYA ORGANISASI KEPEMUDAAN



Suatu bangsa angka dilihat bisa berkembang dan maju terkandung bagaimana keadaan generasi muda dan seberapa banyak generasi muda yang ada. Karena tidak dipungkiri pula bahwa  generasi muda lah yang akan meneruskan keadaan yang saat ini terjadi, entah kedepan akan lebih baik atau bahkan akan menjadi terpuruk. Oleh sebab itu mengapa penting suatu pemerintahan dimanapun negaranya selalu menyiapkan generasi penerusnya yaitu generasi pemudanya . Salah satunya dengan mengadakan atau membuat program akan adanya suatu organisasi kepemudaan yang berfungsi untuk melatih pemuda dalam bekerja sama dengan orang lain, mengajarkan kedisiplinan, mengenalkan apa yang namanya fungsi  dan tanggung jawab, dan menyalurkan suatu aspirasi para pemuda.

Di Indonesia organisasi kepemudaan sudah ada dan bisa dibilang jumlahnya cukup banyak. Biasanya berupa ormas-ormas kepemudaan ataupun organisaasi yang resmi merupakan program pemerintah yang dibuat disetiap lingkungan RW (rukun warga) yaitu karang taruna. Karang taruna sendiri adalah organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari para generasi pemuda yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang bersifat sosial dan swadaya. Pada umumnya suatu organisasi karang taruna memiliki kegiatan berupa event-event olahraga, membersihkan ataupun memelihara di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, dan mengadakan ataupun ikut serta pada acara-acara kepemudaan, dll.

Akan tetapi pada era sekarang eranya zaman teknologi canggih ini suatu organisasi kepemudaan seperti karang taruna ini sudah mengalami penurunan. Banyak hal penyebabnya yang mengakibatkan kegiatan  karang taruna ini kurang diminati akan tetapi inti dari masalah penyebabnya diantaranya adalah kurangnya perhatian pemerintah, padatnya waktu untuk pendidikan dalam hal ini sekolah dan kursus-kursus yang lain, kurangnya perhatian para pejabat-pejabat lingkungannya dan juga kurangnya perhatian orang tua.

Oleh sebab itu kita semua dari berbagai elemen dan pihak  harus berkejasama dan membangun dan memelihara suatu organisasi kepemudaan karang taruna. Pemerintah tentu juga harus memberikan perhatian lebih dari sebelumnya dengan membuat program atau kebijakan yang lebih pro kepada genarasi muda. Karena dengan menghidupkan suatu organisasi- organisasi kepemudaan seperti karang taruna maka itu akan menghindarkan para generasi muda pada hal-hal  yang menjurus negatif seperti narkoba, seks, pornografi, kriminal, dll. Dan dampak positifnya adalah mempererat tali persaudaraan sehingga akhirnya menjauhi tindakan-tindakan seperti tauran ataupun perilaku kekerasan lainnya. Kemudian kalau itu semua bisa dilakukan maka akan berdampak pula pada negara dengan munculnya generasi- generasi pemuda yang berpengalaman, berkualitas, berkompeten, yang akan memajukan bangsa dan negara ini.  

1 komentar:

  1. namun sayangnya banyak organisasi kepemudaan saat ini sakit . . ., sakit karena kepentingan-kepentingan pragmatis golongan orang tua

    BalasHapus