menu

Sabtu, 15 Januari 2011

SULITNYA MEMBERANTAS KORUPSI



                Korupsi merupakan permasalahan yang besar bagi bangsa yang besar seperti Indonesia ini. Dimana tindakan korupsi tersebut tentu telah banyak merugikan bagi bangsa Indonesia. Perilaku seseorang yang korupsi itu bagaikan pencuri yang mencuri hak orang lain atau bisa disebut sebagai mencuri di era modern. Faktanya di Negara Indonesia korupsi banyak terjadi dan diketahui berasal dari pemerintah itu sendiri, baik dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah dan juga para penegak hukum yang tadinya bertugas menindak tindakan kejahatan seperti korupsi ini, akan tetapi tidak sedikit pula para penegak hukum yang terlibat tindakan korupsi.
                Oleh karena itu begitu banyaknya orang atau oknum yang melakukan tindakan korupsi sehingga itulah yang menjadi kendala betapa susahnya Negara ini memberantas korupsi di negeri Indonesia. Kenapa demikian ? karena yang menegakan keadilan dan hukum aja bisa atau ikut juga terjangkit virus tindakan korupsi yang menyebabkan siapa lagi yang harus memberantas korupsi kecuali hanya  diri sendiri dan tentu Allah SWT yang akan memberi hukuman nanti di akhirat nanti. Dimana hukum Allah itu tidak bisa dijual-beli dan dilanggar.
                Seharusnya kita itu harus sadari dan wajb ketahui bahwa dampak tindakan korupsi itu mempunyai dampak yang kronis ( dampak yang akan berpengaruh ke seluruh lapisan ). Dampak yang akan dirasakan diri sendiri sebagai pelaku korupsi, dirasakan juga oleh orang lain, dan lebih-lebih akan lebih dirasakan oleh bangsa dan Negara Indonesia.
                  Contoh dampak yang akan dirasakan oleh diri sendiri adalah terkenanya pelaku korupsi hukuman baik dari pemerintah ataupun masyarakat ataupun dari Alla SWT, perasaan bersalah yang akan menghantui dalam kehidupan kelak, dan tentu dosa yang di timbulkan dari tindakan korupsi itu sendiri. Sedangkan dampak yang akan dirasakan oleh orang lain adalah timbulnya kerugian baik secara materi atau non materi bagi korban tindakan korupsi, perasaan malu terhadap orang lain yang terjadi pada keluarga pelaku tindakan korupsi. Dan dampak yang dirasakan bangsa dan Negara Indonesia adalah kerugian secara financial atau berkurangnya pendapatan Negara dan rusaknya struktur pemerintahan dan moral bangsa.
                Tentu dari permasalahan tindakan korupsi yang terjadi ada caranya atau solusi yang bisa kita lakukan untuk menghindari tindakan korupsi. Pertama kita harus kembalikan moral kita ke jalan yang lurus, kejalan yang benar. Kita harus tanamkan pada diri kita bahwa tindakan korupsi itu buruk lho…, tindakan korupsi dampak positifnya sesaat saja lho…., tindakan korupsi itu dampak negatifnya tidak hanya kita yang akan merasakan tetapi keluarga, orang lain, bangsa dan Negara. Kedua kita harus menyadari bahwa setiap tingkah laku kita dalam kehidupan selalu diawasi atau dilihat oleh Allah SWT. Dan kita sadari bahwa di dunia itu uang bukanlah segalanya, kita juga harus menyadari bahwa setiap tindakan akan membuat dosa atau pahala, dan kita juga harus sadari bahwa kita percaya akan akhirat dimana orang yang berbuat tidak sesuai ajaran agama akan sengsara di akhirat nanti,
                Kalau solusi tersebut bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari dimanapun tempat kita berada sulit kemungkinan kita akan melakukan tindakan korupsi. Itu semua Karena kita telah mengetahui dampak apa yang terjadi akibat tinadakan korupsi.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar