menu

Jumat, 07 Januari 2011

MASYARAKAT MULTIKULTURAL



Masyarakat multikultular adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai macam perbedaan baik secara etnis, suku, ras, ataupun agama. Nama lain dari masyarakat multikultular adalah masyarakat majemuk atau masyarakat pluralisme. Salah satu Negara yang terdiri dari masyarakat yang memiliki keragaman budaya atau sosial yaitu Negara Indonesia karena masyarakatnya yang multicultural. Hal ini membanggakan bagi kita selaku warga Negara Indonesia bahwa di tengah-tengah  kemajemukan masyarkat Indonesia yang tergolong tinggi, tetapi tetap kokoh sebagai suatu satu kesatuan dengan landasan semboyan Negara yaitu Bhineka Tunggal Ika.
Tentu dari kemajemukan bangsa Indonesia ini tidak berdiri sendiri dan tidak tanpa ada yang melatar belakangi atas keanekaragaman bangsa ini. Ada beberapa faktor yang melatar belakangi artau mendorong terciptanya kemajemukan bangsa Indonesia diantaranya adalah  :
I. Historis ( Sejarah )
Dalam sejarah kita mengetahui bahwa nenek moyang kita dahulu itu merupakan seorang pelaut yang dimana dalam kehidupannya mereka berpindah-pindah dan melakukan perjalanan hingga ke pulau-pulau di nusantara. Perpindahan tersebut terjadi secara bertahap dalam waktu dan menggunakan jalur yang berbeda-beda. Sebelum mereka tiba di pulau atau tempat yang di tuu di nusantara ini mereka berhenti di berbagai tempat dan menetap dalam jangka waktu yang lama bahkan hingga menghasilkan beberapa generasi baru. Dari latar belakang tersebut itu yang menyebabkan munculnya perbedaan-perbedaan yang terjadi sehingga menimbulkan masyarakat Indonesia yang beragam.

II. Keadaan Geografis
Keadaan geografis Indonesia juga menyebabkan keragaman bangsa Indonesia karena secara kenyataan geografis bahwa Negara Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang di pisahkan dengan laut antara pulau yang satu dengan yang pulau yang lain. Dan dari setiap pulau itu tentu berbeda kondisi lingkungannya baik kondisi lingkungan yang ada di darat, kondisi lingkungan yang ada di laut dan juga iklim dan suhu di masing-masing pulau mempunyai kondisi yang berbeda-beda. Itu lah yang juga menyebabkan tumbuhnya kemajemukan bangsa di Negara Indonesia.

            Oleh sebab itu kita sebagai bangsa yang besar harus tetap memelihara dan melestarikan keanekaragaman bangsa Indonesia yang terbentuk dengan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bangsa ini juga harus menghindari konflik-konflik yang dapat menimbulkan perpecahan dan kemunduran bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia juga harus dapat menghargai dan menghormati perbedaan yang ada dan lebih bersikap toleransi demi kemajemukan dan kemajuan bangsa Indonesia.       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar