menu

Sabtu, 07 Juni 2014

Bisnis Di Bidang Teknologi Informasi


Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah sebuah tema yang cukup menarik untuk dibicarakan dan coba ditekuni oleh beberapa orang karena menjanjikan sebuah kesuksesan karir dan finansial bagi yang berhasil menjalaninya. Usaha dalam bidang teknologi informasi merupakan salah satu usaha yang mungkin dapat dikatakan menjanjikan. Dikarenakan dewasa ini teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dan masih akan terus berkembang. Dengan terus berkembangya kemajuan teknologi ini membuat kinerja seseorang akan menghasilkan hasil yang optimal dengan waktu yang lebih efesien. Maka dari itu usaha dibidang TI ini terus berlomba menciptakan perangkat yang dapat lebih membantu para kinerja konsumennya.

Di samping itu, dunia Teknologi Informasi (IT) adalah sebuah dunia usaha dan teknologi yang paling banyak menghasilkan enterpreneur yang sukses baik secara bisnis maupun keuangan. Nama-nama seperti Hewlet-Packard, Bill Gates, Lerry Elison, Steve Jobs, dan Michael Dell merupakan nama-nama pendiri perusahaan di bidang Teknologi Informasi, dan merupakan entrepreneur murni karena mereka memulai usaha yang baru sama sekali dan di usia yang cukup muda.

Walaupun banyak sekali bidang bisnis IT, tetapi pada umumnya bidang usaha yang sering dimasuki oleh seorang pebisnis baru adalah:
·         Perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi (software house).
·         Konsultan Implementasi Teknologi Informasi baik itu implementasi hardware maupun implementasi software.
·         Distributor dari produk-produk IT, baik hardware ataupun software.
·         Training dan pendidikan bidang IT.
·         Jual beli barang secara online
·         dll
Kelebihan Bisnis online merupakan salah satu bisnis TI yang tergolong sangat murah karena :
-        Tidak membutuhkan toko secara fisik sehingga tidak perlu menyewa ruko atau kios untuk buat toko
-        Tidak membutuhkan gudang yang besar untuk menyimpan inventori karena inventorinya sangat minimal
-        Tidak membutuhkan pekerja yang banyak cukup satu-dua orang sudah dapat melakukannya
-        Pasar tidak terbatas, semua negara bisa menjadi pasar kita
-        Yang terpenting adalah tidak perlu modal yang besar untuk melakukannya. Cukup modal untuk beli domain, hosting, komputer dan bayar koneksi internet.

Kekurangan dalam bisnis IT adalah;
-          Perluanya kemampuan yang menguasai IT
-          Fasilitas infrastruktur yang mendukung dalam bisnis IT
-          Perlunya penyediaan bahan-bahan yang mendukung bisnis IT karena sebagian besar IT yang ada di Indonesia masih di impor dari luar.
-          Peraturan dan perundang-undang yang pasti dalam mengatur bisnis di bidang IT
Beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang Enterpreneur dalam bidang IT adalah:
         Kemampuan dalam bidang Penjualan (Salesmanship). Kemampuan ini merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur untuk membujuk calon pelanggan dalam menggunakan produk dan solusi yang dimiliki. Kegagalan dalam melakukan kegiatan penjualan maka perusahaan akan mati dan gagal untuk bertumbuh.
         Kemampuan dalam bidang teknis yg cukup baik mengenai produk atau solusi yang ditawarkan. Kemampuan ini akan memberikan jaminan bahwa si entrepreneur mengetahui dengan pasti produk atau solusi yang diberikan dan mampu menjaga kualitas dari produknya untuk kepuasan pelanggan.
         Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan (Accounting, Financial Report, Cash-flow management, dan lain-lain). Kemampuan dalam bidang ini sangat diperlukan untuk dapat melakukan perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan. Kegagalan dalam bidang ini akan menjadikan perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang berakibat dari gagalnya operasi perusahaan walaupun pada saat yang sama perusahaan memiliki pesanan yang cukup besar.
         Kemampuan dalam bidang Human-Relationship adalah kemampuan yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh seorang entrepreneur.
Kesimpulan
Dunia entrepreneurship merupakan dunia yang cukup menantang terutama bagi mereka yang membutuhkan tantangan pekerjaan lebih berat dibandingkan hanya sebagai karyawan sebuah perusahaan. Dunia ini juga menjanjikan imbalan berupa kesuksesan karir dan finansial bagi yang berhasil menjalaninya dan secara umum entrepreneur juga memberikan kontribusi bagi perekonomian negara Indonesia dalam bentuk tersedianya lapangan kerja baru dan adanya perusahaan pembayar pajak baru.
Salah satu bidang usaha yang banyak menghasilkan entrepreneur muda sukses adalah bidang IT. Bidang ini merupakan bidang yang paling terbuka untuk entrepreneur tetapi juga merupakan bidang yang paling ketat persaingannya. Kemudahan untuk memasuki bidang IT ini hampir sama dengan kemudahan terlempar keluar dari bidang ini karena persaingan usaha, sehingga kemampuan untuk memilih usaha yang tepat serta memiliki keterampilan yang tepat sangat diperlukan oleh setiap entrepreneur yang akan memasuki bidang usaha IT.
Hal lain yang perlu diperhatikan oleh seorang entrepreneur adalah kondisi lingkungan usaha tempat perusahaan itu didirikan. Lingkungan usaha yang kondusif ibarat tanah subur yang akan mendorong tumbuh suburnya bibit-bibit perusahan baru hasil karya dari jiwa dan semangat entrepreneurship yang dipupuk terus-menerus.

Referensi :
Rahardjo Budi,”Pelajaran dari Mendirikan perusahaan strart-up”, 2003, artikel populer, www.ilmukomputer.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar